Mesin Penterjemah

Special Birthday

Hiduplah Indonesia Raya 



Hari ini serentak diseluruh penjuru tanah air saudara sebangsa setanah air menyuarakan hal tersebut. Kenapa? Ya haryti ini peringatan Hari Kemerdekaan NKRI yang Ke-69. Sejujurnya inilah ulang tahun yang paling fenomenal. Angka "69" yang konotasinya agak sensitif di masyarakat ini menjadi tahun dimana pemilu berhasil dilaksanakan dengan penuh gejolak. 

Sudalah, kita tak usah bicara politik. Tahun ini tahun kedua saya merayakan 17an dengan status "mahasiswa".

Saya juga melihat semua orang membuat status di sosial media dan dimana pun tentang kemerdekaan. Namun ada satu yang membuat saya sadar, status dari Kak Umar. Yang pada intinya, peran mahasiswa dalam mengisi kemerdekaan. Bukan hanya dalam kalangannya saja. Juga dalam masyarakat sekitar. 

Apapun itu, saya adalah satu dari jutaan mahasiswa yang berada dalam masa produktif. komitmen saya ialah mengisi kemerdekaan dengan kemampuan saya agar bermanfaat, sekecil apapun itu.



Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia Ke-69. Jayalah Selalu Indonesia!